Pondok Pesantren Subulus Salam Balikpapan Kurikulum Salafiyah

Pondok Pesantren Salafiyah Subulus Salam Balikpapan merupakan pondok pesantren salaf yang mulai dirintis sejak tahun 1990. Resmi berdiri pada 17 Juni 1993 M.

Pada mulanya, Pengasuh Pondok Pesantren Subulus Salam KH. Muhammad Fadhli bersama empat rekannya mendirikan Pondok Pesantren Asy-Syifa Tahun 1979. Namun karena adanya perbedaan prinsip, Kiai Fadli mengambil jalan sendiri untuk mendirikan Subulus Salam yang menjaga kuat tradisi salaf Islam.

“Pesantren As Syifa mengadopsi pelajaran‑pelajaran modern. Saya tetap berpendirian mengajarkan kurikulum salafiyah, belajar ilmu keislaman secara penuh, yang mengacu pada kitab‑kitab yang dipakai oleh pondok pesantren berbasis Nahdlatul Ulama (NU),” ungkap Kiai Fadli.

Pendirian pesantren Subulus Salam bertujuan untuk mencetak generasi santri yang beriman dan bertakwa, berakar pada tradisi, dan damai pada semuanya. “Mendirikan pesantren ini ingin ciptakan santri‑santri yang beriman dan bertakwa. Yang tidak meninggalkan tradisi‑tradisi Islam dengan tidak membenci umat lainnya, damai bagi semua manusia,” kata beliau.

Menurut Kiai Fadli, belajar ilmu agama Islam yang berakar pada tradisi‑tradisi bukan berarti menjadikan pola pikir dan sikap tingkah laku cenderung tradisional, menentang perubahan zaman. Belajar ilmu Islam itu akan selamatkan diri dan orang lain. “Tidak mengajarkan radikalisme, yang benci pada orang‑orang di luar kita. Ilmu yang disebarkan adalah ilmu Islam yang rahmatan lil alamin. Kami tidak antipemerintah dan menebarkan hidup damai bagi semuanya,” ujar kiai kelahiran Amuntai, suami dari Hj Tasriah tersebut. Hj. Tasriyah lulusan dari Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah, Amuntai Kalimantan Selatan juga.

Pondok Pesantren Subulus Salam juga fokus pada hafalan al-Qur’an (tahfidzul Qur’an) dengan Rumah Tahfidz Qur’an yang ada dipesantren tersebut.

Alumni Subulus Salam sudah ada yang menjadi ulama, tokoh masyarakat, dan para cendikiawan.

Disadur dari tulisan Budi Susilo (budisusilo85.blog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Staf Pengajar Ponpes Salaf Subulussalam

Staf Pengajar (asatidz) Pondok Pesantren Salafiyah Subulussalam Batu Ampar Kota ...